Apa Yang Membuat Liechtenstein Unik ?

        Vaduz Castle Liechtenstein 333x250 Vaduz Castle Liechtenstein

        Liechtenstein unik?, negara mikro berpenduduk 29.000 orang berlokasi di Sungai Rhine antara Swiss dan Austria, adalah satu-satunya negara Eropa yang keseluruhan wilayahnya berada di pegunungan Alpen. Dikurung kedua tetangganya itu di timur dan barat.
Liechtenstein juga merupakan negara berbahasa Jerman terkecil  di dunia. Resmi dikenal sebagai Kerajaan Liechtenstein, negara terkecil keempat di Eropa itu pertama kali mendapatkan identitas politiknya pada 814 sebagai Rhaetia Kecil, provinsi dari Kekaisaran Romawi. Walau perbatasannya tak berubah sejak tahun 1400-an, Liechtenstein tidak menjadi negara berdaulat sampai 1806, ketika bergabung dengan Konfederasi Rhine yang dibentuk Napoleon setelah pecahnya Kekaisaran Suci Romawi.
         Sembilan tahun kemudian Liechtenstein bergabung dengan Konfederasi Jerman, dan baru menjadi merdeka sepenuhnya ketika konfederasi itu bubar pada tahun 1886. Awalnya sangat terikat hanya dengan Austria, Liechtenstein bergabung dalam sejumlah asosiasi dengan Swiss setelah Perang Dunia I, membuat banyak perjanjian yang berlaku hingga kini.
         Pemerintah modern Liechtenstein berbentuk Monarki Konstitusional yang berbagi kekuasaan dengan parlemen beranggotakan 25 orang yang dipilih untuk masa jabatan empat tahun. Ekonominya yang maju dan sektor finansialnya yang berkelas dunia membuat warganya termasuk berpendapatan per kapita tertinggi di dunia. Dengan luas hanya 160 kilometer persegi, kondisi alam Liechtenstein membantu atlet-atlet negara itu berprestasi dalam olah raga musim dingin, terutama Olimpiade. Liechtenstein adalah negara terkecil yang meraih medali dalam kedua Olimpiade, musim dingin dan musim panas.

Tags : Liechtensteinunik,Alpen,KerajaanLiechtenstein,RhaetiaKecil,KekaisaranSuciRomawi,berpendapatanperkapitatertinggididunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar